Yusufstudi.com - Haloo temen-temen! Oh iya hari ini adalah tanggal 21 Februari ya? Uhuyy pengumuman yang lolos perankingan nih ye.. Gimana? deg-deg an gara-gara server sering down? Hihi. Biasa sih siswa pasti langsung buka bareng-bareng hari ini ya. Bagaimana hasilnya ? Cuma tanya tidak menyindir kog. Bagi yang lolos perankingan maka dipersilahkan melanjutkan ke pendaftaran. Bagaimana cara mendaftarnya? Baca : Cara Mendaftar SNMPTN 2017 bagi yang lolos .

Bagi kalian yang belum lolos SNMPTN 2017 ini pasti ada pesen "Maaf silahkan ikut SBMPTN 2017"  kan? Ya itulah salah satu jalur masuk PTN selain lewat SNMPTN. Sebenarnya ada banyak jalur sih misalnya SPAN PTKIN, PMDK PN, dsb. Gercep aja cari informasi aja. SBMPTN 2017 tinggal 3 bulan? Telat belajar? kalau masalah telat ya nggak sih tapo dulu aku udah nyaranin supaya belajar SBMPTN dan jangan mengandalkan SNMPTN. Bagi kalian yang gk lolos perankingan harus bersyukur. Mengapa? karena kalian punya banyak waktu untuk belajar dan mematangkan SBMPTN. Kasihan untuk teman kalian yang lolos perankingan tetapi nanti tidak lolos SNMPTN 2017 dan udah yakin lolos. Dia akan kewalahan belajar dalam waktu 3 minggu saja. Oke langsung saja maaf banyak basa basi. Bagaimana kak belajar yang efektif dan startegis menyiapkan SBMPTN ?

Langkah 1 : Kerjakan Soal Tahun Lalu


Mengerjakan soal tahun sebelumnya

Mulailah belajar dengan mengerjakan soal tahun-tahun sebelumnya. Misalnya tahun 2011 atau 2012 yang terpaut agak jauh. Mengapa aku saranin supaya mengerjakan soal tahun lalu? ya biar kalian tau bagaimana type soalnya, tingkat kesukaran, dan materi apa yang dipelajari. Dengan metode ini harapan dariku yaitu supaya bisa bilang : 
Wahhh ternyata soal SBMPTN sulit-sulit ya, nggak kayak Soal UN yang mudah tinggal masukkan rumus selesai.
Tetapi aku tidak berharap dengan kata-kata ini sih :
Oalah ternyata soal SBMPTN cuma kayak gini ya. Gampang gak usah belajar juga bisa.
Jangan sampai kayak gitu ya. Yang kuharapkan dari ini yaitu supaya kalian semangat dan menggali semua informasi terkait soal-soal tadi aja. Kalau mau soal SBMPTN bisa search di google aja. Sebenarnya aku ada tapi di artikel lain.

Langkah 2 : Jadwal Review Mata Pelajaran dan Review Pelajaran

Review mata pelajaran dan Menejemen waktu

Langkah kedua yaitu mereview mata pelajaran dan membuat jadwal. Tahun ini ada ujian praktik dan USBN kan? pasti pada sibuk dan bingung mau mentingin ujian sekolah atau SBMPTN? ya itu yang bisa ngatur kalian sendiri, makanya aku suruh buat jadwal kapan belajar USBN dan kapan belajar SBMPTN. Penting mana ya kak? ya penting semua tetapi kalau USBN kan hanya mengulang materi kelas 1-3 dan ada kisi-kisinya kan? pasti bisa dipress buat waktunya. Sedangkan SBMPTN adalah masa depan kalian untuk masuk PTN dan kalian tau? soal-soal SBMPTN setiap tahun berbeda dan tidak akan ada pengulangan serta soal SBMPTN tidak ada yang namanya KISI-KISI karena bersifat rahasia. Makanya aku suruh supaya mengerjakan soal-soal tahun lalu itu supaya kalian siap dan tidak kaget betapa itu soal SBMPTN. Contoh riil aja tahun kemarin ya. SBMPTN sebelum tahun 2016 biasanya ada bagian TPA yang antonim, sinonim, hubungan kata,dsb. Tetapi tahun 2016 kemarin soal langsung berubah dimana tidak ada soal-soal sejenis dengan itu dan jenis soal baru muncul. Pengen lihat soalnya? download aja.

Proporsi

Kebanyakan soal SBMPTN atau hampir semua yaitu berupa KONSEP tidak hanya memasukkan rumus langsunh ketemu jawabannya. Materi SBMPTN melingkupi materi kelas 1-3 SMA dan ditambah black box. Kenpa? karena kita tidak tau soal apa yang akan dikeluarkan. Tingaktan soal SBMPTN itu, UN<SBMPTN<OLIMPIADE.
Mulailah Review pelajaran dan jangan dihafal detapi dipahami konsepnya terutama kimia dan fisika.

Langkah 3 : Evaluasi I

Evaluasi belajar I

Evaluasi I maksudnya evaluasi dari mengwrjakan soal-soal tahun lalu dan review mata pelajaran yang telah dipelajari. Apakah ada peningakatan atau belum. Cari kelemahan di materi dan mata pelajaran aku merasa lemah maka banyakin porsi belajar dijadwalnya. Kalau saranku sih belajar SBMPTN itu jangan baca buku baru ngerjain soal tetapi kerjain soal dulu baru bahas materi yang berkaitan deng soal itu. Misalnya gini ada soal tentang konfigurasi elektron la setelah itu baru kalian baca tentang konfihurasi elektron dan sekalian yang berkaitan dengan materi itu misal bentuk molekul, sifat atom (jari-jari afinitas dsb) dengan begitu akan banyak materi yang didapatkan. Tetapi cara belajar setiap orang kan beda ya silahkan cara cara belajar yang nyaman.

Langkah 4 : Try Out

TryOut SBMPTN

Tryout SBMPTN adalah cara melihat hasil belajarmu selama ini. Banyak kog lembaga online yang memberikan layanan tryout sbmptn gratis maupun berbayar dan Itu murah masih kantong pelajar atau ikut bimbel aja pasti ada. Setelah tryout hitung passing grade kalian. Belum tau caranya? ini caranya:
Setelah mengetahui passing grade kalian akan tau apakah pas masuk jurusan dan universitas pilihan. Kegunaan passing grade bukan penentu lolos atau tidaknya ya dan setiap tahun beda. Ingat NILAI SEBAGAI ACUAN EVALUASI. Tanpa ada nilai bagaiman kalian mau mengevaluasi diri? Jangan jadikan passing grade menjadi patokan utama itu sija sih. Jika pasing grade kalian 51.02% pasti lolos sistem informasi berdasarkan passing grade tahun lalu. Ya itu tahun lalu la kalo tahun 2017 ini jadi 63.09% ? gak lolos kan kalian. ya begitu maksudku

Langkah 5 : Evaluasi II

Evaluasi Tahap II
Evaluasi tahap 2 adalah cuma mencari kelelamahn dan kelebihan serta bagaiman memenejemen waktu dengan mengerjakan soal ketika tes nantinya. Jika kalian pinter di matematika dan fisika ya maksimalin di mata pelajaran itu dan juga pelajaran lain yang yakin aja baru dijawab dan TIPS dariku yaitu kerjakan TPA sebanyak mungkin dengan YAKIN BENAR Karena pengaruhnya besar. Ada rumor tentang "NILAI MATI SBMPTN" itu tidak ada ya tohh tahun lalu ada banyak padahal matapelajaran B.ing dan Biologi kosong. 

Kalo pengen cerita motivasi baca ini cerita kakak kalian yang penuh dengan perjuangan:






Oke itu dulu aja dariku semngat buat yabg gak lolos SNMPTN masih ada jalan menuju roma, masih ada hasil jika ada usaha. Waktu 3 bulan ini sangat cepet banget. TULIS CITA-CITA kalian di dinding yang sering dilihat dan bagi yang muslim sholawatin cita-cita kalian dan kunci pentingnga yaitu doa orang tua dan usaha seluruh keluarga saling support.

Gagal SNMPTN? Ini Cara Belajar Efektif SBMPTN

Yusufstudi.com - Haloo temen-temen! Oh iya hari ini adalah tanggal 21 Februari ya? Uhuyy pengumuman yang lolos perankingan nih ye.. Gimana? deg-deg an gara-gara server sering down? Hihi. Biasa sih siswa pasti langsung buka bareng-bareng hari ini ya. Bagaimana hasilnya ? Cuma tanya tidak menyindir kog. Bagi yang lolos perankingan maka dipersilahkan melanjutkan ke pendaftaran. Bagaimana cara mendaftarnya? Baca : Cara Mendaftar SNMPTN 2017 bagi yang lolos .

Bagi kalian yang belum lolos SNMPTN 2017 ini pasti ada pesen "Maaf silahkan ikut SBMPTN 2017"  kan? Ya itulah salah satu jalur masuk PTN selain lewat SNMPTN. Sebenarnya ada banyak jalur sih misalnya SPAN PTKIN, PMDK PN, dsb. Gercep aja cari informasi aja. SBMPTN 2017 tinggal 3 bulan? Telat belajar? kalau masalah telat ya nggak sih tapo dulu aku udah nyaranin supaya belajar SBMPTN dan jangan mengandalkan SNMPTN. Bagi kalian yang gk lolos perankingan harus bersyukur. Mengapa? karena kalian punya banyak waktu untuk belajar dan mematangkan SBMPTN. Kasihan untuk teman kalian yang lolos perankingan tetapi nanti tidak lolos SNMPTN 2017 dan udah yakin lolos. Dia akan kewalahan belajar dalam waktu 3 minggu saja. Oke langsung saja maaf banyak basa basi. Bagaimana kak belajar yang efektif dan startegis menyiapkan SBMPTN ?

Langkah 1 : Kerjakan Soal Tahun Lalu


Mengerjakan soal tahun sebelumnya

Mulailah belajar dengan mengerjakan soal tahun-tahun sebelumnya. Misalnya tahun 2011 atau 2012 yang terpaut agak jauh. Mengapa aku saranin supaya mengerjakan soal tahun lalu? ya biar kalian tau bagaimana type soalnya, tingkat kesukaran, dan materi apa yang dipelajari. Dengan metode ini harapan dariku yaitu supaya bisa bilang : 
Wahhh ternyata soal SBMPTN sulit-sulit ya, nggak kayak Soal UN yang mudah tinggal masukkan rumus selesai.
Tetapi aku tidak berharap dengan kata-kata ini sih :
Oalah ternyata soal SBMPTN cuma kayak gini ya. Gampang gak usah belajar juga bisa.
Jangan sampai kayak gitu ya. Yang kuharapkan dari ini yaitu supaya kalian semangat dan menggali semua informasi terkait soal-soal tadi aja. Kalau mau soal SBMPTN bisa search di google aja. Sebenarnya aku ada tapi di artikel lain.

Langkah 2 : Jadwal Review Mata Pelajaran dan Review Pelajaran

Review mata pelajaran dan Menejemen waktu

Langkah kedua yaitu mereview mata pelajaran dan membuat jadwal. Tahun ini ada ujian praktik dan USBN kan? pasti pada sibuk dan bingung mau mentingin ujian sekolah atau SBMPTN? ya itu yang bisa ngatur kalian sendiri, makanya aku suruh buat jadwal kapan belajar USBN dan kapan belajar SBMPTN. Penting mana ya kak? ya penting semua tetapi kalau USBN kan hanya mengulang materi kelas 1-3 dan ada kisi-kisinya kan? pasti bisa dipress buat waktunya. Sedangkan SBMPTN adalah masa depan kalian untuk masuk PTN dan kalian tau? soal-soal SBMPTN setiap tahun berbeda dan tidak akan ada pengulangan serta soal SBMPTN tidak ada yang namanya KISI-KISI karena bersifat rahasia. Makanya aku suruh supaya mengerjakan soal-soal tahun lalu itu supaya kalian siap dan tidak kaget betapa itu soal SBMPTN. Contoh riil aja tahun kemarin ya. SBMPTN sebelum tahun 2016 biasanya ada bagian TPA yang antonim, sinonim, hubungan kata,dsb. Tetapi tahun 2016 kemarin soal langsung berubah dimana tidak ada soal-soal sejenis dengan itu dan jenis soal baru muncul. Pengen lihat soalnya? download aja.

Proporsi

Kebanyakan soal SBMPTN atau hampir semua yaitu berupa KONSEP tidak hanya memasukkan rumus langsunh ketemu jawabannya. Materi SBMPTN melingkupi materi kelas 1-3 SMA dan ditambah black box. Kenpa? karena kita tidak tau soal apa yang akan dikeluarkan. Tingaktan soal SBMPTN itu, UN<SBMPTN<OLIMPIADE.
Mulailah Review pelajaran dan jangan dihafal detapi dipahami konsepnya terutama kimia dan fisika.

Langkah 3 : Evaluasi I

Evaluasi belajar I

Evaluasi I maksudnya evaluasi dari mengwrjakan soal-soal tahun lalu dan review mata pelajaran yang telah dipelajari. Apakah ada peningakatan atau belum. Cari kelemahan di materi dan mata pelajaran aku merasa lemah maka banyakin porsi belajar dijadwalnya. Kalau saranku sih belajar SBMPTN itu jangan baca buku baru ngerjain soal tetapi kerjain soal dulu baru bahas materi yang berkaitan deng soal itu. Misalnya gini ada soal tentang konfigurasi elektron la setelah itu baru kalian baca tentang konfihurasi elektron dan sekalian yang berkaitan dengan materi itu misal bentuk molekul, sifat atom (jari-jari afinitas dsb) dengan begitu akan banyak materi yang didapatkan. Tetapi cara belajar setiap orang kan beda ya silahkan cara cara belajar yang nyaman.

Langkah 4 : Try Out

TryOut SBMPTN

Tryout SBMPTN adalah cara melihat hasil belajarmu selama ini. Banyak kog lembaga online yang memberikan layanan tryout sbmptn gratis maupun berbayar dan Itu murah masih kantong pelajar atau ikut bimbel aja pasti ada. Setelah tryout hitung passing grade kalian. Belum tau caranya? ini caranya:
Setelah mengetahui passing grade kalian akan tau apakah pas masuk jurusan dan universitas pilihan. Kegunaan passing grade bukan penentu lolos atau tidaknya ya dan setiap tahun beda. Ingat NILAI SEBAGAI ACUAN EVALUASI. Tanpa ada nilai bagaiman kalian mau mengevaluasi diri? Jangan jadikan passing grade menjadi patokan utama itu sija sih. Jika pasing grade kalian 51.02% pasti lolos sistem informasi berdasarkan passing grade tahun lalu. Ya itu tahun lalu la kalo tahun 2017 ini jadi 63.09% ? gak lolos kan kalian. ya begitu maksudku

Langkah 5 : Evaluasi II

Evaluasi Tahap II
Evaluasi tahap 2 adalah cuma mencari kelelamahn dan kelebihan serta bagaiman memenejemen waktu dengan mengerjakan soal ketika tes nantinya. Jika kalian pinter di matematika dan fisika ya maksimalin di mata pelajaran itu dan juga pelajaran lain yang yakin aja baru dijawab dan TIPS dariku yaitu kerjakan TPA sebanyak mungkin dengan YAKIN BENAR Karena pengaruhnya besar. Ada rumor tentang "NILAI MATI SBMPTN" itu tidak ada ya tohh tahun lalu ada banyak padahal matapelajaran B.ing dan Biologi kosong. 

Kalo pengen cerita motivasi baca ini cerita kakak kalian yang penuh dengan perjuangan:






Oke itu dulu aja dariku semngat buat yabg gak lolos SNMPTN masih ada jalan menuju roma, masih ada hasil jika ada usaha. Waktu 3 bulan ini sangat cepet banget. TULIS CITA-CITA kalian di dinding yang sering dilihat dan bagi yang muslim sholawatin cita-cita kalian dan kunci pentingnga yaitu doa orang tua dan usaha seluruh keluarga saling support.

No comments