Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

QnA - Tanya Jawab Tentang KIP Kuliah



 Artikel ini akan membahas lebih jelas dan lengkap tentang tanya-jawab masalah KIP Kuliah yang masih banyak dipikiran para peserta dan para calon mahasiswa.

Sebelum kita jauh-jauh, kita harus mulai dahulu dari pengertian apa itu sebenanrnya KIP Kuliah? dan mengapa KIP Kuliah bukan masuk dalam beasiswa tetapi dikatakan bantuan?

1. Pengertian KIP Kuliah

Jadi, KIP Kuliah adalah bantuan biaya pendidikan dari pemerintah bagi lulusan SMA/SMK/MA/Sederajat yang memiliki potensi akademik baik, tetapi memiliki keterbatasan ekonomi serta ingin melajutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi baik D3, D4 ataupun S1.

2. Apakah KIP Kuliah hanya untuk yang berprestasi?

Prioritas utama KIP kuliah adalah bagi mereka yang berasal dari keluarga yang memiiki keterbatasan ekonomi yang rendah dan ingin kuliah. Poin kedua, yaitu mereka yang memiliki potensi akademik yang baik.

Jadi, dengan adanya bantuan ini, peserta didik dari keluarga kurang mampu juga memiliki hak yang sama di perguruan tinggi dan dapat meringankan masalah biaya kuliah, sehingga peserta didik nantinya bisa fokus kuliah dan dapat berprestasi selama kuliah ya.

3. Kelebihan KIP Kuliah

Dilansir dari website resmi KIP Kuliah Kemendikbud, ini beberapa kunggulan KIP Kuliah.

  1. Jumlahnya lebih banyak dari Bidikmisi yakni lebih dari 400.000 orang untuk tahun 2020. (bidikmisi 2019 130.000 beasiswa). 
  2. Lebih banyak memberi akses kepada Pendidikan vokasi 
  3. Sistem terintegrasi dengan Kampus Merdeka dan Merdeka Belajar di Perguruan Tinggi. 
  4. KIP Kuliah terbagi menjadi 2 kekompok yaitu KIP Kuliah dan KIP Kuliah Afirmasi 
  5. KIP Kuliah Afirmasi, antara lain meliputi Bantuan Biaya Program Afirmasi Pendidikan Tinggi (ADik) untuk ADik Papua, ADik Papua Barat dan ADik 3T.

4. Apakah sama KIP Kuliah dan Bidikmisi?

Sama saja dan hanya berganti nama serta cakupan/jumlah lebih banyak daripada bidikmisi. Jadi, Bidikmisi yaitu diberikan kepada mereka yang sudah terdaftar sebelum tahun 2020. Sedangkan yang mulai tahun 2020, mereka bukan lagi dinamakan penerima bidikmisi, tetapi penerima KIP Kuliah.

Bagi yang sudah dapat bidikmisi, tidak perlu mendaftar lagi KIP Kuliah dan bidikmisi berlaku sampai kalian lulus nanti (jika tidak ada hal yang dilanggar oleh peserta bidikmisi).

5. Syarat KIP Kuliah

Persyaratan untuk mendaftar Program KIP Kuliah Tahun 2020 adalah sebagai berikut: 

  1. Penerima KIP-KULIAH adalah siswa SMA atau sederajat yang lulus atau akan lulus pada tahun berjalan atau telah dinyatakan lulus maksimal 2 tahun sebelumnya, serta memiliki NISN, NPSN dan NIK yang valid; 
  2. Memiliki potensi akademik baik tetapi memiliki keterbatasan ekonomi yang didukung bukti dokumen yang sah
  3. Siswa SMA/ SMK/ MA atau sederajat yang lulus  pada tahun berjalan  dengan  potensi akademik baik dan mempunyai Kartu KIP
  4. Siswa SMA/ SMK/ MA atau sederajat yang lulus  pada tahun berjalan  dengan  potensi akademik baik dan mempunyai Kartu Keluarga  Sejahtera (KKS)
  5. Lulus seleksi penerimaan mahasiswa baru, dan diterima di PTN atau PTS pada Prodi dengan Akreditasi A atau B, dan dimungkinkan dengan pertimbangan tertentu pada Prodi dengan Akreditasi C.

6. Bagaimana jika siswa tidak mempunyai Kartu Indonesia Pintar ?

Bisa mendaftar dengan syarat keluarga memiliki Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) (baca poin 4 pada syarat KIP Kuliah).

7. Apakah siswa yang sudah memiliki KIP Pelajar juga harus mendaftar KIP Kuliah nanti 2021? apakah sudah otomatis terdaftar?

Siswa yang telah memiliki KIP Pelajar (PIP) harus mendaftar akun KIP Kuliah nanti tahun 2021 secara mandiri di https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id/ (bukan sekarang, karena masih tahun 2020).

8. Bagaimana Cara Mendaftar dan Mengisi KIP Kuliah ?

Silakan kalian baca secara lengkap pada : cara, prosedur, dan berkas apa saja yang diperlukan untuk mendaftar KIP Kuliah 2021

9. Bagaimana jika peserta didik tidak mempunyai KIP pelajar atau KKS?

Bagi mereka siswa yang tidak terdaftar PIP Pelajar saat SMA dan juga tidak memiliki KKS, tetap bisa daftar dengan syarat harus terdaftar DTKS di web kemensos.

Mengapa sih harus terdaftar? karena data DTKS ini yang paling valid dan rekomended. Sehingga, bagi mereka yang kurang mampu secara ekonomi pasti terdaftar disana. Hal ini juga untuk menghindari penyalahgunaan SKTM pada jaman bidikmisi karena kadang ada oknum yang mudah membuat SKTM walaupun mereka kaya dan mampu.

10. Bagaimana jika tidak terdaftar di DTKS?

Silakan kalian cek dahulu nama kalian di laman kemensos ya. Nah, karena waktu persiapan tahun 2021 masih lama dan kalian juga tidak terdaftar DTKS. Segera urus sekarang. 

Tetap bisa daftar KIP Kuliah? bisa aja. Tapi, prioritas yang memperoleh KIP Kuliah adalah bagi mereka yang memiliki PIP Pelajar sewaktu SMA/SMK/sederajat, keluarga memiliki KKS, dan mereka yang terdaftar DTKS.

Karena proses pengajuan/validasi oleh dinas sosial terkait DTKS dilakukan setiap 3 bulan sekali, jadi butuh waktu lama untuk proses (karena butuh data, survei ke rumah kalian, dll). Silakan baca Cara Cek dan Daftar DTKS ke Dinas Sosial untuk KIP Kuliah.

Urus sekarang, kalo nanti-nanti ya ditanggung sendiri ya akibatnya kalo dipersulit oleh sistem. Karena semua sudah berbasis database dan juga untuk menghidari penyalahgunaan dana KIP Kuliah oleh mahasiswa yang ngaku-ngaku kurang mampu.

11.  Apa yang dilakukan jika sudah punya KIP Pelajar & KKS?

Silakan kalian bawa KIP Pelajar dan KKS ke sekolah, kemudian minta operator sekolah untuk melakukan update data KIP Pelajar dan KKS ke Dapodik. Karena, data KIP Pelajar nantinya otomatis diambil dari sistem dapodik.

Jika tidak terdaftar di dapodik, maka kamu tidak terdaftar memiliki KIP pelajar nantinya pas daftar KIP Kuliah. Untuk itu, silakan baca Cara Update data KIP pelajar dan KKS di Dapodik untuk KIP Kuliah

12. Bagaimana jika data (seperti NIK, Nama, Tanggal lahir) di KIP pelajar salah?

Walaupun salah 1 hurus saja di Nama, sebaiknya dibenarkan ya, biar tidak repot di belakang. Yang paling utama adalah NIK benar. 

Silakan lapor ke sekolah untuk minta diajukan pembenaran data yang salah sekarang juga karena butuh proses lama. Jika sekolah tidak segera mengurus, langsung datang saja ke dinas pendidikan kabupaten/kota setempat dan mintalah untuk memperbaiki data KIP Pelajarnya ya.

Segera diurus

 13. Kapan pendaftaran KIP Kuliah 2021?

Nanti ya, paling baru dibuka bulan Februari 2021. Tahun 2020 masih untuk pendaftaran lulusan 2020, 2019, dan 2018 saja. Sabar!

14. Apakah ada yang didanai KIP Kuliah selain UKT untuk pengguna KIPK ini?

Jadi, penerima KIP kuliah akan digratiskan untuk UKT per semesternya selama 3 tahun untuk D3 dan selama 4 tahun untuk S1.

Selain gratis UKT, mahasiswa juga mendapatkan bantuan biaya hidup sebesar Rp4.200.000/semester.
Menyesuikan aturan yang berlaku

15. Bagaimana pendaftaran KIP Kuliah untuk Gapyear? 

Bagi kalian yang sudah memiliki KIP Kuliah (lulusan 2019 dan 2020), biasanya sih untuk seleksi tahun depan hanya tinggal "aktivasi ulang & update data". Biasanya data yang di update berupa yang data ekonomi dan data lulusan.

Jadi, simpan baik-baik email dan password yang digunakan untuk login ya. Pastikan email yang kalian gunakan untuk daftar aktif dan jangan sampai lupa, wkwk.

16. Bagaimana jika NISN saya berbeda dengan Ijazah?

NISN yang dapat digunakan untuk daftar adalah yang sudah tersinkronisasi oleh data dapodik. Jadi di dapodik sekolah NISN, NIK, dan NPSN sudah ada. Jika ternyata NISN yang ada di dapodik kalian salah, silakan minta dibenarkan oleh sekolah.

Yang digunakan adalah yang datanya benar dan juga sudah terdaftar secara online di NISN. Jika ada data NISN yang salah silakan baca Cara Memperbaiki data NISN yang salah

Kak saya sudah telanjur menggunakan NISN yang salah untuk daftar KIP Kuliah dan tidak sama dengan ijazah, bagaimana ya?

Seharusnya Ijazah menyesuaikan dengan NISN yang sama. Jika Ijazah sudah telanjur keluar, silakan meminta surat pernyataan kepada sekolah yang intinya adalah:

"Menyatakan bahwa atas nama .... SMA/SMK .... memiliki data NISN yang salah. NISN yang salah ...., dan Yang benar  ..... Untuk digunakan dalam pendaftaran : Misal KIP Kuliah dan Perguruan tinggi" + Cap sekolah + Tanda tangan kepala sekolah

Surat itu sebagai jaminan bahwa benar-benar NISN salah dan bisa ditunjukkan saat daftar ulang di PTN/PTS nantinya jika lolos. 

17. Apakah bisa mendaftar KIP Kuliah untuk PTS

Bisa. dan Sangat Bisa.

18. Apakah penerima KIP Kuliah, bisa mendaftar beasiswa lain?

Tergantung pemberi beasiswa. Jika beasiswa mensyaratkan peserta tidak sedang menerima bantuan atau beasiswa dari instansi lain, maka ya tidak bisa daftar.

Misalnya yang boleh daftar seperti Beasiswa Cargill, dll silakan explore sendiri.

19. Apakah penerima KIP Kuliah bisa daftar Beasiswa Unggulan?

Tidak bisa. Karena dari pendanaan APBN yang sama. Jadi, kalau sudah sebagai penerima KIP Kuliah tidak bisa daftar BU, ya.

20. Bagaimana jika sudah kuliah tetapi tidak jadi lolos KIP Kuliahnya?

Biasanya setiap perguruan tinggi memiliki kebijakan masing-masing terkait ini. Kebanyakan adalah disesuaikan langsung dengan pendatapan yang di input ketika daftar KIP Kuliah, kemudian digolongkan nanti akan masuk ke golongan UKT berapa.

Jadi, tetap bisa kuliah kok dan kalo memang ekonomi keluarga sudah sesuai dengan yang di inputkan tidak akan mendapatkan UKT yang mahal.

Jika, masih mahal silakan meminta BEM Fakultas untuk mengadvokasi terkait UKT kalian, siapa tau bisa turun dengan alasan kondisi ekonomi sekarang ini.

21. Saya sudah telanjur sebagai KIP Kuliah di PTS, apakah bisa tahun depan daftar PTN dengan KIP Kuliah?

Tidak bisa. KIP Kuliah hanya berlaku sekali saja. Jika ingin pindah ke PTN, maka KIP Kuliah akan hangus.

Oleh karena itu, silakan pikir matang-matang apakah mau gapyear untuk daftar KIP Kuliah tahun depan, atau mau ke PTS dengan KIP kuliah tetapi jika sudah diterima di PTS dengan KIP Kuliah tidak bisa daftar KIP Kuliah di PTN tahun depan.

22. Berapa lama KIP kuliah berlaku?

Untuk S1 maksimal selama 4 tahun dan D3 maksimal 3 tahun. Jika melebihi tenggat waktu tersebut, maka UKT dibayarkan pribadi oleh pribadi.

Setiap perguruan tinggi punya syarat minimal IPK (kumulatif ) dan IPS (semester) supaya tetap bisa sebagai penerima KIP Kuliah. Jadi, harus memenuhi IPK dan IPS minimal ya, semangat!

23. Kapan KIP Kuliah bagi Mahaiswa Baru akan Cair?

Biasanya akan cair 3-4 bulan setelah masuk perguruan tinggi. Jadi, setelah dinyatakan lolos KIP Kuliah, peserta akan mendapatkan rekening dan ATM. Nah, ketika sudah jadi ATM-nya biasanya tidak lama lagi akan turun kok.

Oh iya, UKT otomatis masuk ke Perguruan Tinggi ya. Jadi aman, kalian nggak akan di tarik UKT kalau dana belum turun. Jadi yang akan masuk ke ATM kalian ya hanya uang makan (living cost) sebesar Rp4.200.000/semester itu saja.

Saran mimin, pastikan sudah mempersiapkan uang untuk hidup selama 4-5 bulan ya untuk maba. Karena kebutuhan maba pasti banyak di awal dan uang KIP kuliah belum cair. Semangat! 

24. Ada masalah NIK/NISN tidak terdaftar?

 Coba baca dulu FAQ Masalah yang muncul saat pendaftaran KIP Kuliah 2020

Buat angkatan 2021, daftarnya nanti ya pas udah tahun 2021 (sekitar bulan Februari paling) bukan sekarang.

Saya merangkum dari pertanyaan yang sudah masuk, silakan jika ada pertanyaan lainnya langsung saja komentar ya. Jika ada yang salah mohon kritiknya. ~ Trims.

Mas Yusuf
Mas Yusuf Menyapa saya di : @yusufabdhul

2 comments for "QnA - Tanya Jawab Tentang KIP Kuliah"

  1. kak kalau lulusan 2021 tapi sudah terlanjur daftar kip kuliah 2020 apakah akan bermasalah kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kak, Mohon tanggapannya ya kak.. Terima Kasih kak🙏

      Delete