Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

10 Hal yang Harus Dipersiapkan Siswa Kelas 12 Sebelum SNMPTN dan SBMPTN


Artikel ini membahas tentang apa saja berkas atau hal yang harus dipersiapkan oleh siswa kelas 12 sebelum seleksi masuk kuliah seperti SNMPTN SBMPTN dan Jalur Mandiri 2021

Kelas 12 merupakan waktu yang paling krusial dan penting untuk melanjutkan masa depan. Bahkan tidak seperti kenaikan kelulusan SD atau SMP, kelulusan SMA menjadi tonggak awal kehidupan yang sebenarnya dan mulai belajar untuk mandiri.



Berikut ini beberapa hal penting yang harus sudah dipersiapkan dan dicek sebelum nanti pendaftaran, supaya apabila ada kesalahan bisa segera dibenarkan dan tidak kelabakan atau kebingungan saat hari H pendaftaran nanti. 

1. Data Rapor Nilai

Pertama dan paling krusial adalah data rapor. Biasanya rapor nilai digunakan untuk seleksi SNMPTN dan beberapa ada seleksi mandiri (seperti prestasi, PMDK, dan lainnya). Pastikan data seperti Nama lengkap, Tempat dan Tanggal Lahir,  serta identitas lainnya sudah sesuai dengan akta kelahiran kalian ya.

Jika ada yang salah segera dibenarkan, karena data yang salah akan susah untuk lolos seleksi nantinya.

2. Nilai Rapor Semester 5

Jika ingin mengikuti dan lolos SNMPTN 2021 nanti, pastikan dan usahakan sekali supaya nilai semester 5 kalian naik atau lebih tinggi dibandingkan semester 4 ya. Nilai yang naik usahakan nilai-nilai mata pelajaran yang bersangkutan sesuai jurusan. 

Misalnya, kalian jurusan IPA, nilai yang harus diusakan naik adalah nilai Matematika (wajib dan minat), Biologi, Kimia, dan Fisika serta Bahasa Inggris.

3. Minat dan Pilihan Jurusan

Sudah mulai memikirkan sebenarnya saya ini cocoknya jurusan apa sih nanti ketika kuliah. Soalnya pasti kalian bakal bingung jika menentukan ketika sudah mepet penutupan pendaftaran nanti. Pastikan sesuai dengan minat kalian ya. Gali minat kalian, emang susah si kadanh, hehe.

Cara paling mudah bisa seperti ini. Misalkan kalian list nilai mata pelajaran yang naik terus mulai semester 1 - 5 apa saja. Misal yang naik terus adalah Fisika dan yang mengalami penurunan sekali saja di semester 3 adalah Matematika sedangkan yang lainnya fluktuatif, maka pakai acuan Fisika, Matematika, dan Bahasa Inggrisnya. 

Setelah itu, cari jurusan dan tulis semuanya yang sangat berkaitan dengan kedua mata pelajaran diatas (Fisika dan Matematika), misalnya ada Teknik Mesin, Teknik Industri. Teknik Elektro, Matematika, Statistika, Agrobisnis, dan AgroIndustri.

Setelah itu cocokkan dengan minat kalian. Mana yang sekiranya cocok atau mendekati. Oh saya orangnya suka organisasi dan manajemen min. Nah, bisa tuh ambil Teknik Industri dan AgroIndustri.

Begitu ya, cari-cari saja di internet.

4. Data NISN

Paling penting! Kenapa? karena semua data diri kita diambil dari data NISN kita yang sudah ada di data dapodik. Jadi silakan kalian cek NISN kalian apakah sudah benar atau belum. Beberapa hal yang harus diperhatikan.

  1. Pastikan NISN yang ada di rapor dan NISN di online sama.
  2. Pastikan Nama, TTL, Nama Ibu Kandung sudah benar dan tidak ada yang salah satu huruf pun.
  3. Jika salah segera benarkan dan minta bantuan TU atau BK sekolah.

Kalau masih bingung cara cek dan membenarkan, bisa baca lebih lengkap tentang cara cek NISN online dan membenarkan NISN Siswa yang salah (Dapodik). Paling yang beda hanya tampilan web saja kok.

5. Nomor Induk Keluarga (NIK)

NIK ini biasanya bermanfaat untuk kalian yang ingin mendaftar bantuan KIP Kuliah (atau dulu dikenal Bidikmisi). Karena pendaftaran KIP Kuliah menggunakan data NISN, NIK dan NPSN sekolah.

Nah, pastikan NIK kalian benar ya. Cara ceknya bisa langsung tanyakan kepada BK/TU/Operator sekolah yang mengurusi. Karena jika salah, akan susah untuk daftar KIP Kuliah.

6. Kartu Indonesia Pintar (KIP Pelajar) dan Kartu KKS

Bagi kalian yang mempunyai Kartu Indonesia Pintar dan keluarga punya Kartu KKS, silakan bawa ke sekolah dan minta bantuan TU/BK/Operator sekolah untuk upload data KIP Pelajar dan KKS ke sistem data Dapodik.

Mengapa? karena prioritas untuk yang dapat KIP Kuliah nantinya adalah siswa yang memiliki kedua kartu tersebut. 

Silakan baca saja tutorial lengkap cara upload dan update No. KIP Pelajar dan No. KKS di dapodik 2020 untuk KIP Kuliah

7. Terdaftar di BDT DTKS

Ini hanya untuk yang ingin mendaftar KIP Kuliah ya. Buat kalian pastikan sudah terdaftar DTKS di kemensos secara online. Karena butuh waktu lama untuk verfikasi dan pengecekan langsung bahkan perlu wkatu 3-6 bulan, jadi mulailah urus sekarang ke dinas sosial kabupaten/kota setempat.

Untuk melihat apakah sudah terdaftar DTKS atau belum dan bingung bagaimana prosedur pengajuannya, bisa ikuti alur langkah Cara Mendftar BDT DTKS ke Dinas Sosial Setempat untuk KIP Kuliah.

8. Pahami Alur Pendaftaran SNMPTN, SBMPTN dan KIP Kuliah Tahun 2020

Tujuannya supaya kalian tidak kaget atau tergupuh-gupuh. Karena proses dan alur setiap tahunnya hampi-hampir mirip bahkan bisa dikatakan sama (apabila tidak ada perbuhan peraturan). 

Alur Pendaftaran SNMPTN 2020 | Baca

Alur Pendaftaran SBMPTN 2020 | Baca

Alur Pendaftaran KIP Kuliah 2020 | Baca

9. Download Soal UTBK 

Tidak selamanya jalan itu mulus ya, ada saja pasti yang harus membuat kita lebih sabar. Persiapkan juga untuk belajar UTBK SBMPTN 2021 nanti. Nih, mimin kasihh banyak sekali kumpulan soal UTBK yang lengkap dengan Kunci Jawabannya.

Kumpulan Soal UTBK & Kunci Jawaban | Download

10. Pahami Betul Sistem Penilaian IRT UTBK

Penilaian UTBK 2018-2020 menggunakan sistem IRT. Apa itu? sudah saya jelaskan dengan rinci dan beserta contohnya disini ya, Memahami Sistem IRT dan penjelasan mudahnya untuk Mamaksimalkan UTBK.

Mungkin cukup sekian yang bisa saya bagikan beberapa hal. Artikel ini akan selalu di update kedepan apabila ada hal penting lagi yang perlu saya sampaikan. Apabila ada saran dan tambahan bisa langsung komentar saja ya.

Oh ya, bagikan artikel ini juga minimal ke grup kelas kalian. Mengapa? jangan sampai teman-teman kalian yang seharusnya bisa lolos eh malah gak lolos gara-gara kesalahan kecil seperti ini. Terkadang juga, kelulusan kalian dipengaruhi oleh niat baik kalian untuk membantu.

Mas Yusuf
Mas Yusuf Menyapa saya di : @yusufabdhul

Post a comment for "10 Hal yang Harus Dipersiapkan Siswa Kelas 12 Sebelum SNMPTN dan SBMPTN"