QnA | Solusi Masalah UTBK SBMPTN 2021

QnA Solusi Masalah UTBK SBMPTN 2021


Berikut ini merupakan kanal untuk tanya jawab masalah UTBK SBMPTN 2021 secara lengkap dan tutas serta selalu update tentang masalah-masalah terbaru di UTBK 2021.


1. Apa itu UTBK?

UTBK adalah kependekan dari Ujian Tulis Berbasis Komputer yang merupakan tes masuk ke perguruan tinggi yang dilaksanakan LTMPT. Hasil Nilai UTBK ini yang nanti digunakan mendaftar SBMPTN dan menjadi instrumen penilaian utamanya.

2. Apa Fungsi UTBK

Fungsi UTBK ini adalah untuk menjadi salah satu langkah supaya bisa mendaftar SBMPTN. Selain untuk SBMPTN, nilai UTBK ini, juga digunakan untuk Seleksi Mandiri di beberapa PTN (seperti SIMAK UI, UTUL UGM, dan STAN)

3. Apa Materi UTBK 2021

Materi UTBK 2021 yaitu ada TPS dan juga TKA Saintek atau Soshum. Lebih lengkap masalah materi UTBK ini bisa baca : Bahas Tuntas UTBK SBMPTN 202

4. Kapan Jadwal Pendaftaran dan pelaksanaanya

Pendaftaran UTBK-SBMPTN : 15 Maret - 01 April 2021 

Pelaksanaan UTBK Gelombang I : 12 - 18 April 2021 

Pelaksanaan UTBK Gelombang II : 26 April - 02 Mei 2021 

Pengumuman Hasil SBMPTN : 14 Juni 2021

 5. Apakah pelaksanaan tes UTBK dilakukan secara online

UTBK dilakukan secara online berbasis komputer dan android. Pelaksanaan dilakukan "tidak di rumah" melainkan pada pusat tes UTBK (pusat UTBK dapat dilihat di https://ltmpt.ac.id/?mid=8#a13).

6. Apa perbedaan UTBK dan SBMPTN

Berbeda. Secara umum, UTBK adalah ujiannya sedangkan SBMPTN adalah seleksinya. Untuk lebih paham lagi, silakan baca Perbedaan TPS, TKA, UTBK dan SBMPTN

7. Berapa nilai maksimum dan minimum UTBK 2021

Tidak ada yang tau terkait nilai per soalnya. Karena menggunakan sistem IRT dan hanya panitia LTMPT yang tau akan hal ini.

8. Berapa kali siswa dapat mengikuti tes UTBK 2021?

1 (satu) kali saja.

9. Apakah kita bisa menentukan dan memilih sesi untuk tes UTBK?

Tidak. Sesi akan dipilihkan secara otomatis oleh sistem untuk menghindari kecurangan dan pemerataan hak untuk peluang tes awal dan akhir. Akan tetapi, untuk lokasi Pusat UTBK bisa memilih sendiri dan pastikan dekat dengan kamu tinggal sekarang ya.

10. Apakah UTBK 2021 gratis? jika tidak berapa biaya UTBK?

Pembahasan tentang biaya pendaftaran dan juga cara membayar UTBK melalui Bank bisa disimak di Cara Membayar UTBK di Bank

12. Kapan Pendaftaran UTBK 2021 dibuka?

Mulai tanggal 12 Maret 2021 pukul 15.00 WIB

13. Apakah SBMPTN 2021 Bisa Lintas Jurusan?

Bisa lintas jurusan kecuali untuk jurusan kesehatan seperti Fakultas Kedokteran dan Kedokteran Gigi.

14. Apakah boleh IPC atau pilihan campuran di SBMPTN 2021

IPC adalah pilihan campuran artinya pilihan jurusan 1 (saintek) dan jurusan 2 (soshum) atau sebaliknya. Hal ini dibolehkan asalkan PTN menerima.
Dicoba saja saat mendaftar nanti. Jika kalian memilih IPC saat memilih jurusan di pendaftara SBMPTN dan sistem tidak menolak, artinya BISA.

15.  Syarat Berkas yang dibawa saat Tes UTBK apa saja?

  • KTP/SIM/Paspor (identitas diri). Jika belum punya KTP silakan membawa Kartu pelajar (yang ada foto dan nama dalam kartu dan resmi diakui). Jika tifak ada semua bawa Kartu Keluarga (KK)
  • FC Ijazah yang di Legalisir (kalau tidak ada bawa yangg asli hati-hati jangan hilang dijalan) untuk lulusan 2019 dan 2020 atau Surat Keterangan Lulus (SKL) untuk lulusan 2021. Foto SKL asli bewarna dan dicap sekolah mengenai foto.
  • Ukuran Kartu Peserta UTBK - SBMPTN Asli dan di Print warna ukuran HVS A4 atau F4 (sebenarnya tidak ada ketentuan ukuran tetapi saya sarankan pakai ukuran tersebut supaya aman dan pasti nama, foto dan QR terlihat)
Penjelasan lengkap dan detail terkait berkas sudah dibahas disini, jangan sampai salah berkas ya. Berkas yang Harus Dibawa Saat UTBK 2021
Contoh SKL - Foto Terkena cap /  stempel sekolah

16. Apakah ada soal Bahasa Inggris di UTBK 2021

Ada. Akan tetapi tidak banyak. Termasuk ada soal bahasa Inggris di Kuantitatif. Santai saja ya pasti tidak sulit kok karena biasanya bahasa inggris matematika juga telah dibantu dengan gambar, ilustrasi, pola, dll sehingga walaupun gak terlalu ngerti artinya tapi paham maksud soalnya.

17. Kertas coretan dan alat tulis apakah disiapkan?

Iya, disiapkan oleh panitia seperti tahun lalu.

18. Syarat baju atau pakaian atau seragam untuk Tes UTBK 2021

Biasanya, pakaian Laki-laki (cowok) :

  • Biasanya kalau pria menggunakan kemeja.
  • Dilarang mengenakan kaos.
  • Celana biasa (bukan jeans atau yang ketat).
  • Dan Bersepatu dan Rapi (tidak boleh bersendal).

Kalau perempuan (cewek) :

  • Memakai kemeja (bukan kaos).
  • Bawahan rok atau celana (bukan jeans yang ketat).
  • Bersepatu dan rapi (tidak boleh bersendal).
  • Boleh memakai jilbab asalkan wajah terlihat dan tidak berlebihan (karena akan dicek kesesuaian antara peserta, kartu identitas, SKL, dan kartu peserta ya).
  • Boleh memakai gamis tetapi intinya adalah sopan, rapi dan tidak berlebihan yang mengakibatkan susah saat ujian.
Ujian paling hanya 1 - 1.5 jam, sesuaikan saja. Setelah ujian bebas mau pakai pakaian apa ya. Pakaian tidak wajib atasan putih dan bawahan hitam atau tidak perlu memakai seragam sekolah. Jangan pakai jaket dan kaos oblog atau polo, yang wangi ya jangan bau-bau di kelas, kasian yang lain eheh.

19.  Bagaimana prosedur mendaftar dan mengisi UTBK SBMPTN 2021

Silakan baca : Penjelasan Lengkap Cara Isi dan Daftar UTBK SBMPTN 2021

20. Apakah bagi yang terindikasi tidak sehat (gejala Covid-19) tidak bisa ikut UTBK?

Iya. Jadi silakan untuk menjaga kesehatan di satu bulan kedepan ya, jangan kemana-mana dan tetap dirumah saja. Antisipasi perjalanan dengan kendaraan pribadi ketika menuju tempat tes, jika diperlukan surat izin keluar masuk silakan urus sekarang surat Sehat dari RS, dan surat jalannya untuk menghindari kejadian yang tidak diinginkan dijalan.

21. Apakah kita bisa memilih tempat UTBK dan waktu (hari) pelaksanaan ?

Tempat UTBK bisa dipilih manual oleh siswa (dan pilih tempat terdekat dengan tempat tinggal untuk antisipasi penyebaran covid-19). Setiap pusat UTBK pasti punya kapasitas masing-masing jadi jangan mendaftar akhir-akhir jika lokasi kalian ramai pendaftar.

Untuk waktu (hari), peserta tidak bisa memilih. Secara otomatis hari dan sesi akan dipilihkan oleh sistem.

22. Bagaimana jika lupa password LTMPT 2021 saya?

Silakan melakukan reset password LTMPT pada laman berikut : portal.ltmpt.ac.id/sso/forgot-password

23. Kartu Peserta UTBK SBMPTN dicetak pakai kertas apa?

Cetak pakai kertas HVS putih ukuran A4 atau F4 (yang penting foto, QR Code dan nomor ujian terlihat jelas). Bagaimana cara cetak kartu UTBK yang benar bisa baca disini tutorial lengkap dan ada gambarnya : Cara Cetak Kartu Peserta UTBK 2021

24. Bagaimana jika ingin lintas jurusan atau lintas PTN-politeknik?

Lintas jurusan boleh dan lintas perguruan tinggi juga boleh. Jadi, bebas ya.

25. Apakah ada pembobotan sub tes UTBK SBMPTN 2021?

Ada. Pembobotan diserahkan kepada masing-masing PTN dan Jurusan/prodi. Sehingga keputusan sudah ditangan mereka sedangkan Panitia LTMPT adalah hanya wadah untuk seleksi saja.

26. Apakah ada PTN yang tidak mau dinomordukan ?

Secara tidak langsung (tidak resmi) pasti Ada. Tergantung kebijakan masing-masing PTN.

27. Bagaimana latihan soal atau simulasi untuk UTBK 2021?

Sebelum melaksanakan UTBK, peserta akan melakukan simulasi untuk mengecek apakah ada kendala atau error tidak selama 5 menit saja, hehe dikit amat ya.

28. Bagaimana jika tidak lolos cek kesehatan?

Tidak diijinkan untuk mengikuti tes UTBK 2021

29. Dimana dapat mendownload soal Latihan UTBK 2021? 

Soal dapat diunduh di akun ltmpt.ac.id masing-masing setelah melakukan pendaftaran UTBK - SBMPTN 2021 (akan di update segera).

30. Apakah mendaftar harus langsung selesai?

Tidak. Peserta mendaftar dan melakukan pembayaran dalam waktu 2x24 setelah slip dicetak dan kemudian memilih program studi. Tetapi jika tidak yakin, setelah pembayaran boleh tidak langsung memilih jurusan dan dilain hari (asal jangan telat sampai tgl 2 April ya hehe).

31. Apakah Bisa membayar selain menggunakan Bank Mitra?

Tidak. Pastikan membayar menggunakan Bank Mitra dengan ATM, mBanking, dll sesuai panduan. 

Bagaimana jika tidak punya? silakan minta tolong kepada tetangga atau teman yang mempunyai untuk membayarkan biaya UTBK-nya.

32. Bagaimana syarat memilih Pusat UTBK? Apakah harus sewilayah dengan PTN tujuan?

Tidak. Pusat UTBK dipilih sesuai dengan keinginan masing-masing. Karena ada wabah covid-19 maka pilihlah pusat UTBK (tempat tes) yang paling dekat dengan lokasi kalian saat ini.

33. Bagaimana syarat SKL untuk lulusan 2021 apakah asli?

Iya Asli. Untuk syarat adalah SKL memuat nilai siswa, NISN, NPSN, Nama siswa, Foto (3 bulan terakhir) serta terdapat Tanda tangan kepala sekalah yang distempel.

34. Bagaimana jika SKL untuk UTBK tidak ada NPSN dan Fotonya?

Usahakan ada (apalagi foto) karena ini untuk mengecek keaslian peserta (supaya tidak di joki orang lain). Untuk itu coba hubungi sekolah untuk membuatkan SKL Baru Khusus Untuk UTBK sesuai ketentuan yang ada oleh panitia ya (pasti dibuatkan kok oleh sekolah).

Bila musim pandemi bisa dikirim melalui jasa pengiriman POS dari sekolah ke rumah kalian.

34. Bagaimana jika tidak mempunyai FC Ijazah yang dilegalisir?

Boleh membawa Ijazah Asli saat Tes UTBK nanti sebagai bukti. Tetapi ingat! Hati-hati jangan sampai Ijazah malah hilang ya. Karena ijazah SMA sangat penting baik untuk kerja, daftar ulang serta syarat Lulus (wisuda) dari PTN.

35. Bagaimana penulisan nama ayah/wali dan ibu pendaftaran UTBK yang sudah meninggal?

Nama ayah/wali : tulislah nama ayah sesuai yang ada di Ijazah atau SKL (buat lulusan 2021) kalian ya.

Nah jika yang ada diijazah adalah nama wali silakan tulis nama walinya. Jika sudah meninggal tidak perlu ditambahkan (ALM.) diakhir atau diawal nama ayah.

Nama ibu :  tulislah nama ibu kandung kalian dengan nama lengkap sesuai dengan yang tertulis pada akta kelahiran peserta UTBK.

Penulisan nama sebaiknya tidak perlu diikuti gelar, jika sudah telanjur tidak apa-apa.

36. Bagaimana untuk pekerjaan bagi yang sudah meningga?

Untuk pekerjaan jika sudah meninggal silakan isikan 0 atau tidak berpenghasilan. Jika punya wali, isi dengan pekerjaan dan penghasilan wali (tetapi nama ayah tetap ayah).

37. Bagaimana jika ada permasalah pembayaran gagal ?

Pastikan pembayaran sudah sesuai prosedur yang ada. Jika gagal karena kesalahan teller silakan urus ke bank saat mendaftar. Jika sudah yakin benar dan tidak ada kesalahan tetapi status pembayaran "belum terbayar" silakan kirim ke Call Center LTMPT 2021, dengan mengirimkan sebagai berikut.

  1. Nama peserta lengkap sesuai akun LTMPT
  2. NISN peserta yang digunakan untuk membayar
  3. Kode Pembayaran
  4. Bukti pembayaran (struk pembayaran atau bukti pembayaran yang ada).
  5. Isi pesan : isilah pesan sesuai masalah yang kalian alami dengan jelas.

Jika bingung menghubungi call center bisa ikuti langkah berikut : Cara Menghubungi Halo LTMPT 2021

38. Bagaimana jika pusat UTBK sudah penuh atau Habis (Kuota Kursi Ujian UTBK Habis)

Biasanya akan muncul peringatan seperti ini "E001 : kursi ujian utbk habis.silahkan mencoba lagi"
Silakan daftar dilain waktu. Karena setiap harinya akan dibuka beberapa kuota saja untuk setiap pusat UTBK-nya. Bisa jadi misalnya pagi hari dibuka untuk kuota sesi 1 dan 2 sedangkan sore hari 3 dan 4 (karena tidak ada yang tau dan hanya panitia yang mengetahui).
Silakan dicoba terus pastikan koneksi internet cepat serta menggunakan komputer/PC serta cari waktu-waktu pagi dan/atau sore. Karena banyak yang awalnya pagi kursi habis tetapi sorenya bisa memilih PU tersbeut

Perhatian!

Untuk mengetahui ketersediaan kursi ujian UTBK Habis silakan langsung saja tanyakan pada Pusat UTBK yang kalian ingin tuju ya, apakah masih ada atau sudah habis. Daftar call center setiap Pusat UTBK ada di : ltmpt.ac.id/?mid=15

39. Bagaimana jika sudah telanjur membayar biaya UTBK dan ingin mengganti lokasi?

Tidak bisa diganti. Jadi hati-hati ya makanya sebelum simpan dll pastikan semua benar jangan asal-asalan. Risiko ditanggung sendiri.

40. Penulisan alamat di akun UTBK SBMPTN 2020 sesuai KTP atau tempat tinggal sekarang

Usahakan sesuai tempat tinggal sekarang. Mengapa? karena pemilihan lokasi UTBK terdekat akan disesuaikan dengan alamat yang ditulis. Jika ada kesalahan alamat silakan hubungi pusat UTBK masing-masing.

Jika telanjur alamat sesuai KTP dan tidak sama dengan domisili sekarang ya tidak masalah sebenarnya.

41. Apakah Foto LTMPT harus sama dengan SKL/Ijazah?

Tidak harus sama. yang utama adalah foto (wajah) terlihat jelas ya.

42. Apakah syarat background foto UTBK SBMPTN 2021 wajib merah atau biru?

Tidak wajib. Silakan background bebas (boleh polos atau yg lain), asalkan wajah terlihat dengan jelas pada foto.

43. Bagaimana jika NIK atau NISN salah?

Silakan hubungi halo.ltmpt.ac.id

44. Apakah KIP Kuliah tidak bisa digunakan untuk memilih jurusan pada UIN ?

Iya, tidak bisa. Dari ketentuan mulai tahun-tahun sebelumnya tidak bisa memilih PTN UIN apabila memilih jalur KIP Kuliah (bidikmisi) melalui SNMPTN dan SBMPTN.

45. Bagaimana cara memperbaiki NIK saya yang salah di UTBK SBMPTN 2021?



Data yang sudah disimpan permanen tidak dapat dibuah lagi. Solusinya adalah : silakan melakukan perbaikan saat nanti kalian Lolos SBMPTN dan daftar ulang di PTN masing-masing. Bawa bukti KK dan KTP yang menunjukkan nama dan NIK yang benar saat daftar ulang ya.

Jadi, berdoa saja semoga lolos dulu. Amiin.

47. Bagaimana jika slip pembayaran UTBK hangus atau terlambat membayar selama 2 x 24 jam?

Pembahasan tuntas dibahas disini : Bagaimana jika pembayaran UTBK kadaluarsa?

48. Bagaimana cara mengubah pusat UTBK 2021 ?

Jika ingin merubah pusat UTBK 2021 maka peserta tidak boleh membayar biaya pendaftaran UTBK dahulu sampai hangus (2x24 jam). Jika sudah hangus maka akan disuruh memilih pusat UTBK baru lagi dan mendapatkan slip pembayarn baru. Jika sudah dibayar dan apalagi sudah simpan permanane pendaftaran UTBK - SBMPTN 2021 maka tidak dapat dirubah kembali.

Pesan: risiko ditanggung sendiri jika sengaja menghanguskan slip pembayaran. Akibat fatalnya adalah tidak mendapatkan slip pembayaran baru jika berulang kali menghanguskan slip pembayaran.

49. Bagaimana jika foto yang ada di SKL hitam putih atau tidak bewarna?

Boleh. Saran dari saya adalah silakan saat tes nanti membawa foto yang bewarna dan persis dengan yang ada di SKL. Untuk jaga-jaga jika ditanyakan petugas penjaga ruang ujian. Karena setiap pusat UTBK terkadang punya aturan masing-masing untuk meminimalisir perjokian dan kecurangan.

50. Apakah SKL harus Asli?

Iya. Namanya SKL ya pasti asli bukan legalisir dari sekolah dan harus ditandatangani secara basah (langsung) bukan file yang diprint.

51. Bagaimana jika tidak mempunyai FC Ijazah legalisir bagi alumni (lulusan 2019 dan 2020)

Bisa membawa ijazah asli. Tetapi ingat! ijazah sangat penting jadi dijaga baik-baik, risiko kehilangan ditangung masing-masing pribadi ya.

52. Mengapa saya pelamar  (pendaftar) KIP Kuliah di SBMPTN tetapi tetap membayar biaya UTBK?

Hal ini disebabkan oleh data LTMPT dan KIP kuliah belum tersinkron. Jadi, ikuti langkah berikut ini ya Sinkronisasi LTMPT dan KIP Kuliah 2021

53. Apakah Pas Foto di akun LTMPT, KIP Kuliah, dan SKL harus sama? apakah boleh beda?

Ya pasti boleh berbeda satu dengan yang lainnya. Tidak harus sama persis, akan tetapi untuk LTMPT gunakan wajah yang jelas diri anda dan pastikan rapi begitupun unntuk KIP Kuliah. Sedangkan SKL (surat keterangan lulus) sesuaikan dengan sekolah masing-masing, usahakan bewarna.

54. Bagaimana jika tidak memiliki SKL tetapi ada surat pengganti Ijazah dari sekolahan? apakah bisa digunakan sebagai pengganti SKL untuk dibawa saat tes UTBK 2021 nanti?

Bisa. Pastikan didalam surat pengganti ijazah itu tetap ada nama anda, NISN, NPSN, Foto, tanda tangan kepala sekolah serta ada stempel basah. Kemudian ada kata-kata "LULUS" pada surat pengganti ijazah tersebut.

Jika ditanya petugas penjaga ruang ujian, bilang saja isinya ini sudah sesuai dengan SKL cuma namanya saja yang beda dan sudah ada keterangan "LULUS" didalam surat tersebut.

55. Berapa ukuran pas foto untuk SKL?

Tidak ada ketentuan resmi dari panitia terkait ini, yang ada adalah Foto terbaru minimal 3 bulan terkahir saja. Tetapi buat aman dan pengalaman tahun sebelumnya, menggunakan ukuran 4 x 6 cm. Jika telanjur 3 x 4 cm ya tidak apa-apa.

56. Apakah saat Tes UTBK membawa pas foto?

Tidak. Cukup membawa berkas yang dipersyaratkan dan tertulis pada kartu peserta UTBK SBMPTN 2021 kalian ya (disana ada cek saja) ditambahkan kartu identitas diri seperti KTP, SIM, Paspor, atau kartu pelajar.

57. Bagaimana jika peserta tidak memiliki KTP/SIM/Paspor/Kartu Pelajar saat Tes UTBK nanti?

Silakan membawa FC Kartu keluarga yang tertera nama kalian (dan lebih aman selain bawa FC KK membawa FC Akta kelahiran untuk meyakinkan petugas penjaga ruang ujian nanti ya).

58. Bagaimana untuk SKL yang dibawa saat Tes UTBK tidak ada fotonya?

Silakan memberikan foto sendiri (ditempeli) di SKL kalian.

59. Apakah foto pada SKL untuk UTBK wajib dan harus terkena stempel basah ?

Tidak harus kena. Hal ini berdasarkan jawaban halo LTMPT 2021 sebagai berikut:


60. Bolehkan saat Tes UTBK memakai kacamata?

Boleh. Jika peserta memiliki mata minus.

61. Bagaimana jika NISN pada SKL berbeda dengan yang di LTMPT?

Silakan SKL menyesuaikan dengan NISN yang terdaftar di LTMPT.

62. Bagaimana jika NISN Ijazah dan akun LTMPT berbeda?

Silakan saat pelaksanaan UTBK tetap membawa persyaratan UTBK seperti poin 76 dibawah ini, dan ditambah lagi dengan Surat keterangan dari sekolah bahwa NISN (yang salah) atas nama (nama peserta) terdapat data yang salah dan NISN yang benar (sesuai akun LTMPT) atas nama (nama peserta) adalah yang benar dan merupakan siswa dari SMA .....

Intinya adalah membuat surat pernyataan dari sekolah bawah NISN yang ada di akun LTMPT benar-benar anda dan merupakan murid dari SMA tsb ditandatangani kepala sekolah dan dicap.

63. Apakah peserta UTBK Wajib memakai sarung tangan dan faceshield?

Silakan baca pada protokol kesehatan UTBK 2021 yang wajib dibawa

64. Bagaimana cara lapor kecurangan UTBK 2021 ke pihak LTMPT via call center halo.ltmpt.ac.id?

Silakan panduan dan tutorial lengkap pada : Lapor Kecurangan UTBK 2021

65. Kami sedang memproses pendaftaran UTBK SBMPTN 2021 anda

Bagaimana solusinya? baca Solusi Kami Sedang Memproses Pendaftaran UTBK SBMPTN Anda

PERINGATAN!

Sebelum simpan permanen apapun tolong "RECHECK 3x" dan pastikan data yang diinputkan benar. Karena jika sudah melakukan simpan permanen, data tidak dapat diubah.

Jika kesalahan karena ketidakhatian peserta, ditanggung sendiri ya. Apalagi kalo masalah salah ketik, hadehh tetapi tetap semangatt!

Jika ada pertanyaan dan hal yang dibingungkan silakan langsung berkomentar di kolom komentar ya dengan jelas dan jangan disingkat kata-katanya (supaya saya tidak salah memahami pertanyaan) dan nanti akan dibalas dengan secepatnya dan sesuai peraturan.

Mas Yusuf
Mas Yusuf Menyapa saya di : @yusufabdhul

240 comments for "QnA | Solusi Masalah UTBK SBMPTN 2021"

  1. Comment Author Avatar
    kenapa saya tidak bisa mendaftarkan no pendaftaran KIP-kuliah di laman LTMPT?
    1. Comment Author Avatar
      Apa notifikasi yg muncul kok gak bisa ?
    2. Comment Author Avatar
      "No Pendaftaran KIP-Kuliah tidak ditemukan." Berwarna merah di atas, padahal saya sudah mengisi semua berkas dan sudah mendapat KAP dan PIN nya.
    3. Comment Author Avatar
      bantu jawab, dicoba berkali2 aja nanti muncul konfirmasi kipk nya. saya tadi juga begitu
  2. Comment Author Avatar
    jika nama akte ibu beda sama di KK dan KTP, apakah tetap ditulis yang di akte?
    1. Comment Author Avatar
      Sesuaikan dengan Akta Kelahiran kamu
  3. Comment Author Avatar
    Saat memilih pusat utbk muncul status utbk "E001 : kursi ujian utbk habis.silahkan mencoba lagi" maksudnya bagaimana?
    1. Comment Author Avatar
      Ada pembatasan kuota setiap harinya. Jadi hari kemarin habis untuk sesi 1 dan 2 hari pertama. Ada sesi 3 dan 4 yg belum dibuka. Jadi usahakan coba lagi hari ini dan nanti malam ya. Semoga kursi buka untuk hari lain.
  4. Comment Author Avatar
    Kenapa No. Pendaftaran KIP k tidak ditemukan di laman LTMPT? Padahal data KIPK nya sudah selesai semua
    1. Comment Author Avatar
      Pastikan data Nama, NIK, dan NISN kedua akun tsb sama dan tidak ada bedanya. Pastikan telah mengunduh kartu kip dan formulir kip. Jk belum bisa coba terus sampai bisa memang agak susah.
  5. Comment Author Avatar
    kalau data orang tua belum terkonfirmasi tapi udh permanen itu gmn?
  6. Comment Author Avatar
    ke pusat utbknya (buat ganti foto, no telp, alamat) itu setelah melakukan pembayaran aja, apa setelah menyimpan data permanen (udh dpt kartu utbk)?
    1. Comment Author Avatar
      Silakan sebelum mendaftar UTBK bisa hubungi pihak pusat UTBK dulu dan tanyakan apakah pembenaran data salah dilakukan sebelum mendaftar atau boleh sesudah mendaftar.
    2. Comment Author Avatar
      Sulit dihubungi nya ka drtd ga dibales :(
  7. Comment Author Avatar
    Kak bagaimana jika nomor pendaftaran akun kip kuliah saya tidak di temukan di ltmpt?
    Padahal saya sudah melakukan seluruh persyaratan dengan benar.
    Tapi ada kesalahan di formulir kak,di biodata kip kuliah saya tertera kabupaten deli serdang namun di formulir kip kuliah kota medan.
    Padahal dari awal mengisi formulir saya mencantumkan kabupaten deli serdang, dan sampai sekarang sudah berkali-kali saya ganti tapi tetap kota medan di formulir,
    Tolong bantu kak,saya ingin menyelesaikan pendaftaran utbk-sbmptn saya secepatnya karena takut terlambat.
    1. Comment Author Avatar
      Nomor kip kuliah yang saya masukkan adalah yang saya dapatkan dari e-mail yang di kirim pihak kip kuliah ke surel saya,
  8. Comment Author Avatar
    Jumlah saudara di pendaftaran utbk jika saudara sudak berkeluarga sendiri apakah di ikut sertakan?
  9. Comment Author Avatar
    jika niknya beda dgn yg di ktp bagaimana?
  10. Comment Author Avatar
    This comment has been removed by the author.
    1. Comment Author Avatar
      silakan dibaca lagi diatas ya sudah dibahas
  11. Comment Author Avatar
    apakah pilihan 1 dan 2 menentukan prioritas pilihan
    ,terimakasih
  12. Comment Author Avatar
    Kenapa saya dapat tggl 14 juli ujianny? Kan klo di daftar sbmptn ujianny dri tggl 5-12 juli
  13. Comment Author Avatar
    Apakah foto diskl harus berwarna? Foto disekolah saya sklnya tidak berwarna tapi ada cap dari sekolah
    1. Comment Author Avatar
      Tidak harus. Silakan pakai yg ada dari sekolah.
  14. Comment Author Avatar
    Setelah disimpan permanen pada bulan Maret lalu, tiba tiba tanggal lahir saya berubah pada bulan Mei, saya tidak tau kesalahan siapa, mungkin dari LTMPT atau Puspendik. Karena hal ini, KIP saya tidak bisa digunakan dengan notif tanggal lahir berbeda. Apakah ada solusinya ?
  15. Comment Author Avatar
    kalo ada kesalahan alamat tuh sebelum pilih pusat utbk+simpan permanen diganti ke pusat, atau simpan permanen+pilih pusat dulu baru nanti minta ganti ke pusatnya?
  16. Comment Author Avatar
    Itu masalah syarat utbk, kan harus ada SKL atau ijazah. Nah saya kan baru lulusan tahun ini, jadi baru ada SKL nya saja, tetapi tidak ada foto boleh tidak? Soalnya klo harus urus lagi ke sekolah ribet, trus sekolahnya juga masih tutup . D SKL sya cuma ada ttd kepsek sma cap sekolah
  17. Comment Author Avatar
    Kak disitu tertera kalo pas foto yg di skl harus berwarna,tetapi dari pihak ltmpt hanya mencantumkan pas foto siswa 3 bulan terakhir dan tidak mencantumkan bahwa pas foto harus berwarna.Jadi yang bener yang mana?
    1. Comment Author Avatar
      Tidak masalah yg penting ada fotonya dan terbaru.
  18. Comment Author Avatar
    Kak saya sudah mengisi semua berkasnya dengan lengkap tetapi kenapa status akun saya dibilang belum terdata (dilabel warna merah) itu kenapa ya kak?
    1. Comment Author Avatar
      Belum terdata di DTKS Kemensos.
  19. Comment Author Avatar
    udah bayar ke teller bank dan uangnya sudah berkurang tapi kok di akun masih bertuliskan belum melakukan pembayaran
  20. Comment Author Avatar
    Sore, kak. Saya mau bertanya, kalau waktu pembayaran utbk sudah lewat tapi belum sempat bayar, apakah saya sudah tidak bisa ikut utbk lagi atau masih bisa melakukan pendaftaran lagi?
    1. Comment Author Avatar
      kak tolong yang ini dijawab:(
      saya baca disalah satu blog katanya harus melakukan pendaftaran ulang. tapi tidak bisa:(
  21. Comment Author Avatar
    Sudah melakukan pembayaran di bank bni, tp di akun belum diverifikasi, tanya ke bank sedang di proses, dan deadline pembayaran besok pagi. Harus gimana? Karena dari pengalaman orang lain yg transfer ke bank bni akhinenya pindah ke bank mandiri, bisa tp pas pingin retur dari bank bni tidak bisa karena sudah masuk ke ltmpt
  22. Comment Author Avatar
    bagai mana jika pembayaran nya lambat, atau jatuh tempo
  23. Comment Author Avatar
    Bagaimana kalau foto kartu peserta saya latar nya cuman tembok putih.

    Boleh tidak di ganti atau harus di ganti ??
    1. Comment Author Avatar
      Boleh asal wajah terlihat jelas
    2. Comment Author Avatar
      Terima kasih kak atas jawaban nya.

      Saya doa kan sehat selalu 😉
    3. Comment Author Avatar
      kak... saya kan... Tamat thn 2019...
      pas photo terbaru harus 4 x 6
      harus diiring dgn surat apa ya kak
  24. Comment Author Avatar
    Quiz nya itu terletak dimana
    1. Comment Author Avatar
      Belum ada sampai saat ini, ditunggu lg info dari panitia ya.
    2. Comment Author Avatar
      Jadi nanti pas ada quiznya ada pengumumannya ya
  25. Comment Author Avatar
    permisi mau tanya bagaimana jika kita sudah bayar utbk online tapi tidak ada konfirmasi atau masih ada bertuliskan belum terbayar
  26. Comment Author Avatar
    Kak klo udh simpan permanen trus trnyata di keterangan nomor kip kuliah ny "tidak terdaftar" apa masih bisa memsukkan kip kuliah lagi kak?
    1. Comment Author Avatar
      Kemudian ada keterangan anda tidak memiliki nomor pendaftaran,sehingga harus membayar biaya utbk.
      Sedang kn saya udh punya no pendaftaran kip kuliah ny kak
      Gmna kk?
    2. Comment Author Avatar
      Masukkan dahulu no. kip kuliah di LTMPT. Baca saja s.id/inputkip
    3. Comment Author Avatar
      Berarti kak walaupun udh simpn permanen dan tertera no kip tidak terdaftar klo kita masukkan no pendaftaran kip kuliah masih bisa kan kak??
  27. Comment Author Avatar
    NISN saya yang di LTMPT berbeda dengan di dapodik, padahal awalnya sudah sinkron, tetapi karena ada kesalahan sistem di sekolah sehingga nisn di LTMPT saya berubah menjadi nisn yang barubdan tidak dapat diubah kembali, namun sebagai alternatifnya saya sudah memiliki surat keterangan dari sekolah, apakah masalah ini akan berpengaruh terhadap penyeleksian SBMPTN? Karena nisn baru di kartu ltmpt saya tidak ada di dapodik
  28. Comment Author Avatar
    Kak apa kegunaan nomor telpon yg tercantum di biodata???
  29. Comment Author Avatar
    Kak latar foto saya berwarna hijauu polos, itu harus diganti atau gak perlu diganti? Krna saya baca dari halo ltmpt, latarnya harus berwarna biru, merah dan putih. Mohom dijawab ka 😓
    1. Comment Author Avatar
      KUNCI UTAMA : WAJAH TERLIHAT JELAS, background bebas
  30. Comment Author Avatar
    Kak, kalo misalnya udah pilih pusat UTBK tapi belum dibayar, trs mau ganti pusat UTBKnya gimana caranya ya? bisa gaa?
  31. Comment Author Avatar
    kalo saya telat melakukan pembayaran dari jadwalnya bagaimana ya? apa sebaiknya saya bayar juga?
  32. Comment Author Avatar
    Kak, gimana kalau pembayaran jatuh tempo? Udah coba dibayar setelah telat, tapi di ATM ada deskripsi kalau nomor tidak terdaftar atau salah, gimana dong kak?
  33. Comment Author Avatar
    kak, sy telat melakukan pembayaran, bagaimana ya?
    pembayaran terakhir sy 5 juni pukul 02.30 WIB
    mohon bantuannya
  34. Comment Author Avatar
    Kak, kalo no telp tidak aktif apakah mempengaruhi pada saat utbk/pengumuman? Terimakasih
  35. Comment Author Avatar
    This comment has been removed by the author.
  36. Comment Author Avatar
    assalamualaikum kak.kenapa pemilihan pusat utbk nya selalu error ya?.tulisannya "kursi ujian UTBK habis" sudah di refresh berkali kali tidak bisa. mohon penjelasan dan bantuannya.
    terima kasih
    1. Comment Author Avatar
      uda abis berrati mungkin
  37. Comment Author Avatar
    Kenapa soal nya tidak bisa di unduh pak?
  38. Comment Author Avatar
    tolong dijawab, kip saya terdaftar setelah saya selesai mendftar utbk tetapi saya belum bayar dan sekarang waktu bayarnya udah hangus dan slip pembayarannya tetap ada, apakah masih bisa daftar ulang menggunakan no kip aku yang terdaftar?
    1. Comment Author Avatar
      Permasalahan kita mirip. Tapi klo aku sudah bayar dan tetap dinyatakan belum bayar.
    2. Comment Author Avatar
      Iyanih, kasusnya sama kek saya
  39. Comment Author Avatar
    Kak bila slip pembayaran hangus apakah bisa mendapatkan slip pembayaran baru?
  40. Comment Author Avatar
    kak, saya kan mau ganti pas foto trus udah datang langsung ke pusat utbk nya tapi pas datang katanya rubah di portal terus disuruh ke IT abis it dibilang gak bisa. Ini gimana yah
  41. Comment Author Avatar
    Kak kalo di pasfoto kepala saya tidak terletak pas di tengah2 itu gimana ya? Apa harus diganti?
  42. Comment Author Avatar
    Bagaimana jika pembayaran sudah lewat batas 2x24 jam? Apakah masih bisa mendaftar lagi?
  43. Comment Author Avatar
    Bagaimana cara ganti lokasi utbk sebelum bayar ?
    1. Comment Author Avatar
      Ehh sama, udah nemu caranya belum?
  44. Comment Author Avatar
    Kak, jadi waktu bikin akun ltmpt saya menggunakan alamat tempat tinggal yang berbeda dengan di KK. Apakah harus diganti apa tidak?
  45. Comment Author Avatar
    Apakah asal jurusan sekolah yang salah bisa diganti jika sudah dipermanen?
  46. Comment Author Avatar
    Saya baru menautkan no KIPK, padahal saya sudah sampai tahap bayar ke BANK tapi karena bermasalah terus saya membuat KIPK dan baru menautkan. Setelah kembali di pendaftaran UTBK saya dinyatakan belum memilih pusat UTBK. Dan ketika akan memilih kembali, sudah tidak bisa. Bagaimana ya kal solusinya?
  47. Comment Author Avatar
    Kak, cara untuk mendapatkan kode pembayaran baru gimana yah, karnaksudah telat pembayaran. Mohom bantuan nya.
  48. Comment Author Avatar
    Kak, setelah kita daftar trus kita lupa bayar dalam waktu yang di tentukan. Apakah bisa daftar ulang lagi atau gimana kak ?? Mohon info secepat nya
  49. Comment Author Avatar
    Kak gimana kalau NIK nya beda sama KTP??? Kalau benerin nya gimana???
  50. Comment Author Avatar
    Kalau kita telat membayar 2x24 jam apakah bisa kita login dan mendapatkan nomor pembayaran yang baru??
  51. Comment Author Avatar
    Kak,kalau misalnya ingin mengganti lokasi pelaksanaan utbk nya gimana?tapi saya belum bayar,ini sudah melewati masa pembayarannya,tp belum juga bisa diganti. Bagaimana kak biar bisa diganti lokasinya?
  52. Comment Author Avatar
    Sore kak, mau tanya berarti kalau sudah bayar berarti sudah pasti dapet pusat utbk itu? Makasih
  53. Comment Author Avatar
    Bisakah pendaftaran yang sudah dipermanen bisa dibatalkan? dan diulang kembali?
  54. Comment Author Avatar
    BAGI YANG SLIP PEMBAYARANNYA HANGUS!!!!
    !!!!!
    !!!!!

    sy udh tanya ke HALO LTMPT,
    "Apabila slip pembayaran sudah hangus silahkan saudara memilih pusat UTBK kembali"
    begini jawabannya. mungkin kita tunggu aja kali ya
    1. Comment Author Avatar
      udah bisa buat slip yang baru belum bro?
    2. Comment Author Avatar
      sy baru cek, sepertinya blm
      kita sama2 tunggu aja, kyknya banyak jg yg kasusnya kyk gini
  55. Comment Author Avatar

    apakah bisa mendaftar kembali jika pembayaran utbk telat (lewat waktu)?
  56. Comment Author Avatar
    Waktu utbk disuruh bawa ktp / kartu pelajar ,kalo gaada kartu pelajar dan belum punya ktp gimana ?
  57. Comment Author Avatar
    Apakah pusat utbk bisa di ubah selagi blm menyelesaikan pembayaran?
  58. Comment Author Avatar
    Apa ada solusi buat yang telat bayar biaya UTBK. Lebih dri 2x24jam belum bayar?
  59. Comment Author Avatar
    Kak kalo telat bayar utbk gimana kak
  60. Comment Author Avatar
    Bagaimam jika pembayaran di bank dilakukan pada hari sabtu, karena hari sabtu minggu kantor bank tutup. Apakah bisa daftar lagi pada hari lain?
  61. Comment Author Avatar
    Kak, apakah setiap harinya prodi perkampus itu berkuota ? Karena hari ini aku buka disalah satu univ hanya terdapat beberapa prodi saja
    1. Comment Author Avatar
      Iya. Tidak semua prodi menerima dari semua jursan SMA/SMK (IPS,IPA, bahasa dll)
  62. Comment Author Avatar
    BUAT YG SLIP PEMBAYARANNYA UDAH HANGUS, SEKARANG UDAH BISA DAFTAR ULANG!!!
    SILAHKAN CEK portal LTMPT nya lagi
    1. Comment Author Avatar
      Yaps benar sekali, silakan cek masing2 akun ltmpt bagi yang sudah slip pembayaran hangus 2x24 jam. Nanti akan dapat slip baru.
  63. Comment Author Avatar
    Kak kalo salah pilih jurusan namun sudah di simpan permanen gimana ?? Bisa daftar ulang nggak ?? Tolong kak ??
  64. Comment Author Avatar
    1.Kak skl saya ga ada fotonya & tempat naruh foto ,gimana kak ?
    2.kalo gapunya kartu pelajar & belum punya ktp apa ga boleh ikut utbk?
    1. Comment Author Avatar
      Silakan membawa paspor/sim. Kemudian silakan kasih foto dan minta sekolah untuk membuatkan yang baru jika bisa.
  65. Comment Author Avatar
    Ka kalo untuk KIP, jika saya milih univ pilihan 1 yg menerima kip, dan univ pilihan 2 tidak menerima KIP, apakah itu masih tetap bisa mendaftar menggunakan kip?
    1. Comment Author Avatar
      Jika lolos dipilihan 1 maka dianggap mendaftar KIPK. Tetapi jika lolos di pil 2, nanti tidak dianggap sebagai pelamar KIP K
  66. Comment Author Avatar
    Kak gmna kalau penulisan gelar orang tua salah?
  67. Comment Author Avatar
    Kak yang pengisian jumlah adik/kakak itu, kalo saya kembar, ikut kehitung adik/kakak tidak?
  68. Comment Author Avatar
    Kak knp jumlah saudara sy tdk tercantum di biodata? Padahal, saat mengisi jumlah kakak dan adik semua sdh di isi.
  69. Comment Author Avatar
    Kak bagaimana kalo ijazahx blum keluar
  70. Comment Author Avatar
    kak kalo nomor hp yang terdaftar di akun ltmptnya udah ga aktif karena hp nya ilang gmn ya? berpengaruh ga sih? kalo iya cara benerin nya gmn ya kak?
  71. Comment Author Avatar
    kak mau bertanya, kalau sudah keluar slip tapi blm dibayar apa masih bisa mengganti tempat utbk?
    1. Comment Author Avatar
      Bisa asalkan menunggu hangus dulu 2x24 jam.
  72. Comment Author Avatar
    Kak bagaimana megisi nama orangtua/nama ibu yang sudah meninggal
  73. Comment Author Avatar
    Kak jika nomer hp yang dientry ternyata sudah tidak aktif, Apakah harus melakukan proses edit datanya?...Terimakasih sebelumnya
  74. Comment Author Avatar
    kak, klau misalkan saya mau masuk universitas A namun kursi utbknya kosong, lalu saya memilih kursi utbk di universitas B (yang juga dekat) apa itu ada masalah nantinya?
  75. Comment Author Avatar
    Apakah pas foto yang mirror akan mempengaruhi pelaksanaan UTBK?

    Contohnya :
    Pada pas foto UTBK posisi tahi lalat seperti berada disebelah kanan. Namun aslinya posisi tahi lalat berada di sebelah kiri
  76. Comment Author Avatar
    Kak kalo misalnya kita ragu sama jurusannya tetapi udah sampe mau pembayaran ,tapi belum diibayar gimna tuh kalo sesi waktunya habis terus bakalan bisa daftar lagi gitu
    Apa boleh ya.?
    Terimakasih!
    1. Comment Author Avatar
      Silakan sampai dibayar, karena jika sudah dibayar baru namanya lokasi telah di booking. Jika kursi habis ikuti langkah diatas ya di artikel.
  77. Comment Author Avatar
    Saya ingin mendaftar kip kuliah tapi selaluh muncul tulisan NIK tidak sesuai dengan identitas anda padahal aku sudah ke operator sekolah katanya NIK nya sudah sesuai yang ada di dapodik?
  78. Comment Author Avatar
    Ka saya slh isi jumlah saudara dan sdh disimpan permanen, gmn yaa?? :(
  79. Comment Author Avatar
    kak, apakah yang nomer 54 itu benar? jika nik salah bisa diperbaiki saat mendaftar ulang di univ?

    terimakasih. semoga dibalas.
  80. Comment Author Avatar
    Kak kalau alamat di akun ltmpt salah alias tidak sesuai dengan alamat ktp tetapi alamat yg dituliskan sesuai domisili hanya tidak sesuai dengan ktp, apakah berpengaruh terhadap penerimaan
    Perguruan tinggi?
  81. Comment Author Avatar
    Kak untuk penghasilan orang tua atau wali itu penghasilan bersih selama sebualan atau penghasilan kotor ya?
  82. Comment Author Avatar
    Kak kan kalau udah mau bayar utbk tadi ni sebelum batas waktu nya,terus udah di proses bukti pembayarannya servernya malah terganggu,padahal udah dibayar terus disuruh ke bank nya lagi jam 12 nanti,tapi pas masuk portal ltmpt lagi malah udah hangus slip pembayaran nya padahal kan udah diproses pembayarannya itu gmna kak?
  83. Comment Author Avatar
    kalau kita blum punya ktp dan kartu pelajar hilng bisa diganti krtu perpus enggak..atau apa solusi lainnya
  84. Comment Author Avatar
    Kak saya mau tanya, kenpa pas mau pilih pusat utbk terus terusan muncul bacaan "pilihlah pusat utbk yang terdekat lokasi anda saat ini"
    Kenapa kaya gtu trus yaa?? Padahal saya sudah memilih pusat utbk yg paling dekat dengan saya..
    Buat teman teman lain boleh coba bantu jawab juga..
  85. Comment Author Avatar
    kak, kalo salah dalam mencentang bagian disabilitas itu bagaimana ya caranya
    karena saya salah membaca
    tolong bantuannya.
    1. Comment Author Avatar
      tolong bantuannya kak
  86. Comment Author Avatar
    Kak gimana kalau saat pengisian nama orang tua saya nulisnya pake gelar tapi di ijazah tidak menggunakan gelar

    Mohan bantuannya
  87. Comment Author Avatar
    Ka saya lulus tahun lalu dan saya memakai foto yang tahun lalu juga karena sudah tersimpan di ltmptnya, apakah tidak apa apa? Karena saya sudah cetak kartu pesertanya
    1. Comment Author Avatar
      muka ga berubah kan?gamsalah keknya
  88. Comment Author Avatar
    Assalamualaikum wr. Wb nah kk kalau misalnya dalam pemilihan pusat utbk nya bermasalah gimana kk? Saya Nya ceroboh lusa kemaren, slah pilih pusat utbk. Nya,
  89. Comment Author Avatar
    kak kalau sudah meninggal di kolom pekerjaan dipilih tidak bekerja, atau lainnya, atau pekerjaan yg dulu?
  90. Comment Author Avatar
    Bagaimana jika kita terlanjur menulis tidak punya ayah untuk ayah yang sudah meninggal? dan ketika mendaftar saya kan lulusan SMK tahun 2019 jurusan multimedia namun tidak ada pilihan untuk multimedia dan saya tidak tahu kalau ternyata saya termasuk teknik komputer dan informatika karena saya pikir sepanjang 3 tahun saya sekolah pelajaran yang sering dipelajari perfilman saya memilih seni broadcasting dan film sebagai jurusan saya, namun saya memilih jurusan di ptn yang persyaratannya bisa untuk jurusan teknik komputer ataupun seni broadcasting, apakah misalnya saya lolos sbmptn saya akan didiskualifilasi karena tidak sesuai dengan data ijazah saya? Sebelumnya sekian, dan terima kasih
    1. Comment Author Avatar
      Jika lolos maka silakan bertanya pada pihak PTN. Karena yg memiliki aturan menerima tidaknya pihak PTN.
  91. Comment Author Avatar
    untuk point 44 maksudnya untuk ayah tetap diisi ayah gimana yak?teteap diisi ayah kandung yg sudah meninggal??tapi penghasilan diisi ayah yg sekarang?
    1. Comment Author Avatar
      Iya nama ayah tetap kandung, dan penghasulan ayah tiri.
  92. Comment Author Avatar
    Apakah penulisan nama saya maupun orang tua harus persis sesuai dengan ijazah (maksudnya dalam artian, di ijazah ditulis huruf kapital semua) maka saya harus menulis dengan huruf kapital juga di akun ltmpt?
    1. Comment Author Avatar
      Yang penting adalah EJAANYA (Huruf2nya) bukan kapital/tidaknya
  93. Comment Author Avatar
    kak kalo fotonya tuh ngezoom bgt cuma muka saja, sampai dasi dan baju pun tidak terlihat apakah perlu di ganti?
    1. Comment Author Avatar
      Usahkan wajah terlihat jelas dan tidak ada yang terpotong. Jika ragu, ajukan perubahan.
  94. Comment Author Avatar
    Mohon maaf mau bertanya, untuk masalah kesalahan data (NIK) berarti tidak masalah ya bisa di ubah ketika daftar ulang di PTN nantinya jika diterima oleh PTN tersebut. apakah benar? atau tetap melaporkan kepada pihak LTMPT bahwa data NIK peserta bermasalah? Mohon bantuanya. Terima kasih
    1. Comment Author Avatar
      Tidak masalah jika NIK pada UTBK salah. Nanti dibenarkan saat mendaftar ulang di PTN saja.
  95. Comment Author Avatar
    Bagimana jika sudah mempermanenkan data tetapi semua data keluarga ternyata tidak terisi? (seperti nama orang tua, penghasilan orang tua, jumlah saudara) semua kosong apakah akan berpengaruh? ataukah masih bisa diperbaiki?
    1. Comment Author Avatar
      Data (nama orang tua, penghasilan orang tua, jumlah saudara) salah/belum diisi yang sudah dipermanen tidak bisa diubah lagi. Silakan ajukan perubahan nanti saat anda daftar ulang di PTN yang menerima anda.
  96. Comment Author Avatar
    Kak tolong jawab kak,gimana klo waktu mendaftar utbk-sbmptn kita tidak mendaftar kip karna tertera no kip kuliah tidak di temukan jdi kita utbk berbayar,tpi wktu lulus ke ptn yg di mksud apakah bisa mengajukan ulang kip kuliah tersebut?
    Tolong jwb ya kak
    1. Comment Author Avatar
      Silakan untuk masalah tsb tanyakan langsung nanti kepada pihak PTN yg menerima kamu lewat jalur SBMPTN. Apakah masih bisa mengajukan KIP Kuliah bagi yang daftar SBMPTN tidak memakai KIP Kuliah.
  97. Comment Author Avatar
    Kak gimana kalau surat pengganti ijazah gak ada NPSN dan foto
  98. Comment Author Avatar
    Kak mau tanya, kalo semisal foto di peserta utbk terlihat gelap bagaimana ya ? seperti kurang cahaya gitu
  99. Comment Author Avatar
    Kk mau nanya, kalau nama salah di akun ltmpt, apakah berpengaruh pada saat utbk? Atau ada saran yg lain.
    Terima kasih
  100. Comment Author Avatar
    Kak saya sudah bayar lewat mbankonh, pembayaran di proses sedangkan saldo saya terpotong.Besok malam sudah habis masa bayar. Jadi bagaimana
  101. Comment Author Avatar
    Bagaimana kak kalau sudah daftar utbk tanggal 7 tetapi pelaksanaan utbk tanggal 7 padahal baru bayar tanggal 8 gimana?
  102. Comment Author Avatar
    Bagaimana kak kalau sudah daftar utbk tanggal 7 tetapi pelaksanaan utbk tanggal 7 padahal baru bayar tanggal 8 gimana?
  103. Comment Author Avatar
    Bagaimana kak kalau sudah daftar utbk tanggal 7 tetapi pelaksanaan utbk tanggal 7 padahal baru bayar tanggal 8 gimana?
  104. Comment Author Avatar
    Maaf kak saya sudah simpan permanen data tapi nomor telpon saya di akun ltmpt sudah tidak aktif lagi bagaimana ya kak solusinya dan bagaimana cara saya mengganti nomor kartu tersebut
  105. Comment Author Avatar
    Min bagaimana kalau telat melakukan pembayaran utbk?
    Kalau telat apakah masih bisa mendaftar lagi?
    1. Comment Author Avatar
      Apabila slip pembayaran UTBK telah hangus (telat) maka peserta bisa mendaftar ulang dan nanti memilih PU. Setelah itu nanti akan dapat slip pembayarn baru. Jika susah silakan dicoba terus pasti bisa.
    2. Comment Author Avatar
      Min beneran bisa??? Adek saya mencet2 hp terus malah kedapetan slip pembayaran padahal aku KIP 😭
  106. Comment Author Avatar
    Kalau udah piih jurusan apa bisa dirubah ngak kalau udah daftar permanen ?
  107. Comment Author Avatar
    kak,semisal KTP kita medan,bisakah kita menggunakan nya mendaftar kuliah dijakarta,apakah kuliah harus sesuai KTP??
  108. Comment Author Avatar
    Kak,kalo pas foto d kartu ujian foto Selfi bisa gak,atau perlu d ubah kak..mohon bantuannya kak🙏🙏🙏
  109. Comment Author Avatar
    Apakah skl harus dilegalisir juga kak ?
  110. Comment Author Avatar
    apakah skl haru dilegalisir juga kak ?
  111. Comment Author Avatar
    Bagaimana dengan nama orang tua di pendaftaran UTBK yg sudah dipermanenkan tidak sesuai dengan di skl?
  112. Comment Author Avatar
    Kak,pembayaran saya udh hangus.trs dr kmrn saya cb daftar lagi,tapi trs gabisa.kenapa ya?
  113. Comment Author Avatar
    Assalamu'alaikum Warahmatullahi wa Barakatuh,Saya Mau Nanya,Saat Saya Daftar UTBK,Nah di Situ Ada Pengisian Tentang Orang Tua,Jadi Sudah Saya Isi Lengkap,Nama, Pekerjaan,Gaji, Pendidikan Orang Tua,Serta Jumlah Adik Dan Kakak,Trus Ketika Saya Mau Nekan Save,Malah Kembali Kosong Kotak" Yang Saya Sudah Isi,Itu Gimana Ya??Bapak/Ibu
  114. Comment Author Avatar
    This comment has been removed by the author.
  115. Comment Author Avatar
    Kalo ayah udah meninggal tapi keisi dengan "tidak punya ayah" gimana?
  116. Comment Author Avatar
    kak saya salah memasukkan jumlah saudara karena ada yang sudah menikah dan sudah simpan permanen. Apakah bisa diubah dengan membuat tiket di helpdesk atau harus menghubungi panlok atau mungkin bisa diubah sewaktu lolos di ptn kak? Terima kasih
    1. Comment Author Avatar
      Data UTBK yang sudah disimpan permanen tidak bisa diperbaiki lagi. Silakan kalau untuk jumlah sudara nanti dibenarkan saat registrasi ulang di PTN yang bersangkutan,
  117. Comment Author Avatar
    Mau nanya pak
    Boleh bisa gak di ubah lokasi utbk nya ke tempat tinggal kita yang baru
    Soalnya aku sekarang pindah ke Pekanbaru sedangkan lokasi utbk aku di jambi,aku dulu nya tinggal di wilayah jambi itu..
    Dan sekarang pindah ke Pekanbaru..
    Boleh gak tes nya di Pekanbaru baru..
    Kalau boleh Alhamdulillah...
    Kalau gak juga gak papa
    Mohon infonya pemberitahuan 🙏🙏🙏
    1. Comment Author Avatar
      Apabila data sudah disimpan dan sudah bayar UTBK maka lokasi tidak bisa dirubah.
  118. Comment Author Avatar
    Klo salah isi NIK namun sudah simpan permanen apa masih bisa diubah?
  119. Comment Author Avatar
    Min mau nanyaa.
    Apakah bermasalah jika no telepon yang terdaftar di utbk sudah tidak aktif lagi?
    Tapi emailnya masih aktif kok.
    Soalnyaa aku udh hubungi pusat utbk nya, tapi gakafa respon sama sekali.

    Pliss respon min :(
    1. Comment Author Avatar
      Tidak masalah jika memang tidak bisa. Nanti diperbaiki saat registrasi ulang di PTN
    2. Comment Author Avatar
      Brartii gakppa min klo no telfonnya gak aktif lagi??
      Itu nantii Gak bermasalah pass Hari H nya kan min? Takutnya gak dibolehin ujian min :(
  120. Comment Author Avatar
    assalamualaikum,
    kak, maaf mau tanya kalau daftar kip-nya setelah daftar dan membayar utbk bagaimana?
    apa masih bisa melanjutkan mendaftar kip atau tidak?
    terima kasih.
  121. Comment Author Avatar
    Kak aku mau tanya, ketika ingin memilih suatu program studi dari ptn kok Tulisannya "no result found" tpi pas saya pilih ptn yg lainnya bisa. Padahal saya maunya di ptn yg tadi. Gimana ya? :(
  122. Comment Author Avatar
    This comment has been removed by the author.
  123. Comment Author Avatar
    Min saya mau nanya, saya lulusan 2019, saya ada kendala ijazah saya pas saya mau ambil di SMA saya ngga ada, dicari cari belum ketemu sampai sekarang. Pertanyaannya bolehkah ijazah diganti dengan SHUN?
  124. Comment Author Avatar
    kalau udh kuliah di swasta tuh ka mau ikut sbmptn bisa kan ? ga ada masalah kan?
  125. Comment Author Avatar
    Kak bgmna kalau udh membyr uang utbk tpi belum menyelesaikan syarat2 yg lain dan memilih PTN,t waktu pendaftaran sudah ditutup
  126. Comment Author Avatar
    Kak bagaimana jika kita sudah melakukan pembayaran. Hanya belum melakukan langkah lanjuta seperti memilih universitas dan jurusan. Sampai dengan penyimpanan permanen data siswa. Sedangkan waktu pendaftaran sudah habis.
  127. Comment Author Avatar
    Kak kita bisa gak ya pindah pusat utbknya karena hal yang sangat mendesak, karena waktunya tuh barengan sama UMPTKIN dan umptkin ambil di Jogja terus utbknya di Palembang, katanya utbknya jadi dua sesi ya kak?? Yang sesi 2 sama 4 di undur tgl 20 sampe 29, lah umptkin nya tuh tgl 15 sampe 22
    Kalo bolak balik juga gak mungkin kak
    Gimana itu kak??
  128. Comment Author Avatar
    kak mau nnya ni,kan kmren sya milih pusat utbk nya d luar provinsi saya,krna waktu saya milih pusat utbk di provinsi saya kursi utbk nya kosong.kmren pak nazim bilang kalau pst utbk ga bsa d luar provinsi,dan provinsi saya skrg psbb tahap ke dua:(saya bingung gmana:(
  129. Comment Author Avatar
    Kak sy kan udah cetak kartu trus sy liat lokasi pusat utbk yg sy pilih tp knp lokasinya berbeda dr PU yg sy pilih dan malah jauh dari tempat tinggal sy, lokasinya tdk sesuai dengan PU yg sy pilih. Mohon sarannya, apakah bisa diubah?
  130. Comment Author Avatar
    ka kalo sudah daftar utbk dan sudah melakukan pembayaran tapi data jurusan yang akan terpilih belum tersimpan jadi tidak terdaftar bagaimana ya ka? apakah ada solusinya?
  131. Comment Author Avatar
    kak mau tanya bagaimana kalo tanggal lahir di LTMPT sama SKL itu beda soalnya tanggal lahir di LTMPT itu salah

  132. Comment Author Avatar
    This comment has been removed by the author.
  133. Comment Author Avatar
    Apa hrs di pisahin kak bagian yang ada.di kartu utbk itu? Caranya?
  134. Comment Author Avatar
    Min, saya dr bekasi (jabar), stlh cetak ulang kartu ternyata dapet di lintas provinsi yaitu dki jakarta yg tentunya zona merah. Apakah saya harus lapor untuk ganti lokasi ujian ?
  135. Comment Author Avatar
    This comment has been removed by the author.
  136. Comment Author Avatar
    Kak bagaimana jika bulan lahir di akun LTMPT dengan data identitas diri berbeda?
  137. Comment Author Avatar
    Apakah bisa menggunakan KTP sementara?
  138. Comment Author Avatar
    jika seandainya tidak datang saat pelaksanaan utbk tahun ini, apakah ditahun berikutnya dapat kembali mengikuti utbk?
  139. Comment Author Avatar
    Bagaimana jika nama dan NISN yang tertera di SKL berbeda dengan yang terera di ltmpt ? Apakah masih tetap bisamengikuti utbk?
    Mohon jawabannya
  140. Comment Author Avatar
    Kak saya Mau tanya,
    saya tidak punya ktp,paspor,sim dan kartu pelajar.
    apakah boleh menggunakan KartuKeluarga atau Kartu mahasiswa, atau kartu perpuastakaan??
    berhubung saya saat ini adalah seorang mahasiswa kak.
    tolong bantuannya
  141. Comment Author Avatar
    Kak kalau di SKL nya cuman ada cap basah nya ajh gimana?
    Dan SKL nya itu cuman bisa unduhan file dari sekolah nya kak dan di suruh ngeprint sendiri.dan di SKL nya itu tidak ada tanda tangan asli kepala sekolah nya.hanya ada cap tinta print dan tanda tangan kepala sekolah pada file yang asli nya.
    Ada alasan tertentu juga kak.kenapa saya tidak mengisi tanda tangan kepala sekolah nya.dikarenakan kepala sekolah nya itu kyai/tokoh masyarakat/ulama. begitu.
    Mohon di balas kak.��
  142. Comment Author Avatar
    Kalo ga ada ktp sama kartu pelajar pake kk boleh kah?
  143. Comment Author Avatar
    klo misalkan ijazahnya ga keleges basah gimana kak,soalnya kemaren aku salah bawak yg kebawa yg kopian berhubung aku jauh jadi gabisa ambil yg asli dan ujiannya pun sudah mulai,apa kah saya akan langsung gugur ? saya punya ijazah aslinya cuman ketinggalan di kampung apakah memperngaruhi kelulusan atau pihak pangawasnya ?
  144. Comment Author Avatar
    Bagaimana jika saat mengerjakan UTBK kehabisan waktu? Apakah jawaban otomatis tersimpan?

Komentar yang "Tidak bernama" atau "Anonim" tidak akan kami balas.